Persyaratan Minimal Sistem
OS: Windows 7 SP1 64-bit atau Windows 8.1 64-bit atau Windows 10 64-bit(Untuk sementara tidak mendukung Windows 10 edisi preview dev)
Processor: Intel Core i5 atau processor sejenis
Memory: 8 GB RAM
Graphic Card: NVIDIA® GeForce® GT 1030 dan spesifikasi yang lebih tinggi
DirectX Version: 11
Ruang Penyimpanan: Mohon sisakan minimal ruang penyimpanan sebesar 7 GB
Konfigurasi di atas merupakan konfigurasi yang disarankan untuk memainkan RO:M versi Windows. Menggunakan konfigurasi dibawah standar yang sudah disarankan, maka akan ada kemungkinan menemui grafik tak normal, frame drop, interupsi dan ketidakmampuan untuk menginstall game dan ketidakmampuan untuk menjalankan game.
Download Now
Panduan Instalasi Klien
1. Kunjungi website resmi Ragnarok:M atau komunitas sertifikasi resmi RO:M untuk mendapatkan dan mengunduh launcher instalasi versi Windows
Website Resmi ROM-SEA: https://sea.ragnaroketernallove.com
Server Discord Resmi: https://discord.gg/romofficial
Server Player Resmi: https://discord.gg/ragnarokm
2. Setelah selesai mengunduh, klik file launcher instalasi
3. Pilih Bahasa yang akan ditampilkan launcher. Bahasa launcher dan bahasa game tidak sama. Bahasa yang didukung oleh versi Windows dan versi mobile adalah Bahasa yang sama, termasuk Bahasa inggris, Thailand, Indonesia dan mandarin sederhana.
4. Masuk ke jendela langkah instalasi dan klik [Next]
5. Mohon dibaca ketentuan pelayanan lalu klik [I Agree]
6. Silahkan pilih tempat untuk menyimpan game, dan mohon untuk memperhatikan sisa ruang penyimpanan yang dipilih, apakah memiliki ruang lebih dari 7GB dan klik [Install]
7. Menunggu instalasi selesai menginstall launcher game
8. Proses instalasi sudah selesai. Disarankan untuk mencentang 3 check box untuk menjalankan launcher secara otomatis dan menjalankan game dengan cepat untuk kedepannya.
9. Setelah selesai proses instalasi dan startup, jika anda mencentang check box, maka launcher akan secara otomatis memulai untuk mengunduh game resources. Jika anda tidak mencentang atau gagal untuk menjalankan launcher secara otomatis, maka anda bisa menemukan file shortcut bernama RO Launcher pada desktop/start menu. Klik dua kali pada file untuk menjalankan launcher game.
10. Pertama kali menjalankan launcher, launcher akan mengunduh sumber daya game dengan sendirinya. Waktu pengunduhan biasanya memakan waktu sekitar 10-20 menit. Mohon sabar menunggu. Waktu pengunduhan juga tergantung dengan kecepatan internet. Ketika menunggu, anda bisa menekan tombol minimize pada bagian ujung atas kanan jendela. Jika anda klik Close, maka program akan ditutup. Sumber daya game yang belum terunduh akan diunduh pada waktu selanjutnya anda menjalankan program.
11. Setelah pengunduhan sumber daya game selesai, maka game akan dijalankan secara otomatis dan jendela game akan secara default menjadi Full Screen (Bisa dikonfigurasikan ke mode Window dan pengaturan resolusi setelah Login). Anda harus menyelesaikan konfirmasi persetujuan user, otorisasi Login akun dan pengunduhan data tambahan. Disarankan bagi Adventurer non novice untuk mengunduh semua sumber daya secara utuh untuk menghindari masalah seperti masalah display monster, equipment dan item pada periode non novice.
Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai versi Windows
Q1:Kenapa saya tidak bisa menemukan karakter dalam terminal mobile setelah saya login ke akun saya?
A1:
(1) Mohon diperiksa apakah anda sudah mengunduh versi Windows dari region yang salah. Data versi Windows dari tkga region, SEA NA EU yang diunduh tidak kompatibel.
(2) Mohon diperiksa apakah anda sudah login dengan akun yang sama dengan mobile terminal. Kalau akun yang digunakan tidak sama, maka karakter yang ada di mobile terminal tidak dapat diperoleh.
(3) Mohon diperiksa apakah nama server yang anda pilih sama dengan akun mobile terminal untuk menghindari masalah display karakter tidak terlihat dikarenakan region yang salah.
Q2:Bagaimana cara mengatur resolusi Windows di dalam game?
A2: Ketika berada dalam interface game, klik [More], lalu klik [Settings], pilih [Game Settings], pilih tab kedua [Effect] di kolum bagian kanan, dan pilih resolusi lainnya pada Visual Settings.
Q3: Bagaimana cara mengatur kecepatan pointer mouse dan mouse wheel
A3:
(1) Untuk sementara, game tidak mendukung fitur pengaturan sensitivitas mouse dan mouse wheel. Contohnya, pada Windows 10, anda bisa memilih Devices di Windows Settings, pilih Mouse, dan mengatur sistem mouse.
(2) Beberapa brand mouse memiliki tombol pengaturan DPI yang terpisah atau software khusus untuk mengatur sensitivitas mouse dan mouse wheel.
Q4:Dimanakah gambar yang sudah disimpan diletakkan?
A4: Ketika anda menggunakan fitur picture saving di dalam game, setelah screenshot/foto dibuat, maka saluran sistem akan mensinkronkan storage gambar pada komputer anda, dan aka nada pop-up bubble prompt dalam game untuk memperlihatkan storage.
Q5:Kenapa monster yang saya lihat adalah model Polly atau model NWindows dan headgear dan fashion model milik saya ditampilkan dengan tidak tepat?
A5:Ketika mengunduh game untuk yang pertama kalinya, sebelum log in ke dalam game, pilih [to download the full resource pack] di jendela pop-up Download data.
Q6:Setelah menjalankan game, sebuah prompt akan muncul dengan tulisan “Microsoft visual C++ Runtime Library”.
A6: Setelah selesai menutup game RO:M versi Windows, tekan tombol kombinasi shortcut key Win+R, untuk membuka Windows run program, ketik dan masukkan cmd dan tekan tombol Enter, buka run command prompt, lalu ketik dan masukkan cd %windir%\system32 di jendela dan tekan tombol Enter, lanjutkan untuk ketik dan masukkan Regsvr32 Msxml3.dlldan tekan tombol ente,tutup command prompt dan buka Kembali RO:M versi Windows untuk mencoba kembali. Jika permasalahan masih belum kelar, mohon hubungi customer service untuk mendapatkan informasi dan solusi lebih lanjut.
Q7: Ketika launcher game mengunduh sumber daya game, progres pengunduhan/kecepatan pengunduhan adalah 0, atau terhambat di poin tertentu dan tidak dapat melanjutkan pengunduhan.
A7:
(1) Mohon periksa pengaturan jaringan, termasuk proxy, hosts files, dll.
(2)Anda bisa mencoba untuk menutup dan restart atau klik kanan untuk membuka game launcher sebagai Administrator.
Q8: Prompt selama pengunduhan: Program tidak dapat merespon.
A8: Mohon mencoba untuk merestrat komputer atau mengunduh launcher Kembali.
Q9: Bagaimana cara untuk memperbarui game setelahnya?
A9:
(1) Update normal akan mengunduh, update, dan replace resources secara normal setelah launcher dijalankan.
(2) Jika launcher membutuhkan update, kita akan memberitahukan terlebih dahulu melalui pengumuman pada website resmi game, dengan email in-game, dan komunitas game.
Q10:Prompt tombol pada bar equipment menutupi simbol ㉫ yang mengindikasikan apakah equipment terpakai atau tidak
A10:Anda bisa mengatur hidden key prompt dalam pengaturan game (jika anda familiar dengan tombol Windows)
Q11: Bagaiman cara untuk membeli props melalui klien Windows?
A11: Untuk sementara, kami tidak mendukung pembayaran dan pembelian item dengan menggunakan klien Windows secara langsung. Mohon menuju ke mobile terminal atau halaman top up resmi untuk melakukan transaksi pembelian produk.
Informasi kontak customer service RO:M
Interface Login – Ikon Polly di ujung kanan atas – Klik Pusat Customer Service
OS: Windows 7 SP1 64-bit atau Windows 8.1 64-bit atau Windows 10 64-bit(Untuk sementara tidak mendukung Windows 10 edisi preview dev)
Processor: Intel Core i5 atau processor sejenis
Memory: 8 GB RAM
Graphic Card: NVIDIA® GeForce® GT 1030 dan spesifikasi yang lebih tinggi
DirectX Version: 11
Ruang Penyimpanan: Mohon sisakan minimal ruang penyimpanan sebesar 7 GB
Konfigurasi di atas merupakan konfigurasi yang disarankan untuk memainkan RO:M versi Windows. Menggunakan konfigurasi dibawah standar yang sudah disarankan, maka akan ada kemungkinan menemui grafik tak normal, frame drop, interupsi dan ketidakmampuan untuk menginstall game dan ketidakmampuan untuk menjalankan game.
Download Now
Panduan Instalasi Klien
1. Kunjungi website resmi Ragnarok:M atau komunitas sertifikasi resmi RO:M untuk mendapatkan dan mengunduh launcher instalasi versi Windows
Website Resmi ROM-SEA: https://sea.ragnaroketernallove.com
Server Discord Resmi: https://discord.gg/romofficial
Server Player Resmi: https://discord.gg/ragnarokm
2. Setelah selesai mengunduh, klik file launcher instalasi
3. Pilih Bahasa yang akan ditampilkan launcher. Bahasa launcher dan bahasa game tidak sama. Bahasa yang didukung oleh versi Windows dan versi mobile adalah Bahasa yang sama, termasuk Bahasa inggris, Thailand, Indonesia dan mandarin sederhana.
4. Masuk ke jendela langkah instalasi dan klik [Next]
5. Mohon dibaca ketentuan pelayanan lalu klik [I Agree]
6. Silahkan pilih tempat untuk menyimpan game, dan mohon untuk memperhatikan sisa ruang penyimpanan yang dipilih, apakah memiliki ruang lebih dari 7GB dan klik [Install]
7. Menunggu instalasi selesai menginstall launcher game
8. Proses instalasi sudah selesai. Disarankan untuk mencentang 3 check box untuk menjalankan launcher secara otomatis dan menjalankan game dengan cepat untuk kedepannya.
9. Setelah selesai proses instalasi dan startup, jika anda mencentang check box, maka launcher akan secara otomatis memulai untuk mengunduh game resources. Jika anda tidak mencentang atau gagal untuk menjalankan launcher secara otomatis, maka anda bisa menemukan file shortcut bernama RO Launcher pada desktop/start menu. Klik dua kali pada file untuk menjalankan launcher game.
10. Pertama kali menjalankan launcher, launcher akan mengunduh sumber daya game dengan sendirinya. Waktu pengunduhan biasanya memakan waktu sekitar 10-20 menit. Mohon sabar menunggu. Waktu pengunduhan juga tergantung dengan kecepatan internet. Ketika menunggu, anda bisa menekan tombol minimize pada bagian ujung atas kanan jendela. Jika anda klik Close, maka program akan ditutup. Sumber daya game yang belum terunduh akan diunduh pada waktu selanjutnya anda menjalankan program.
11. Setelah pengunduhan sumber daya game selesai, maka game akan dijalankan secara otomatis dan jendela game akan secara default menjadi Full Screen (Bisa dikonfigurasikan ke mode Window dan pengaturan resolusi setelah Login). Anda harus menyelesaikan konfirmasi persetujuan user, otorisasi Login akun dan pengunduhan data tambahan. Disarankan bagi Adventurer non novice untuk mengunduh semua sumber daya secara utuh untuk menghindari masalah seperti masalah display monster, equipment dan item pada periode non novice.
Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai versi Windows
Q1:Kenapa saya tidak bisa menemukan karakter dalam terminal mobile setelah saya login ke akun saya?
A1:
(1) Mohon diperiksa apakah anda sudah mengunduh versi Windows dari region yang salah. Data versi Windows dari tkga region, SEA NA EU yang diunduh tidak kompatibel.
(2) Mohon diperiksa apakah anda sudah login dengan akun yang sama dengan mobile terminal. Kalau akun yang digunakan tidak sama, maka karakter yang ada di mobile terminal tidak dapat diperoleh.
(3) Mohon diperiksa apakah nama server yang anda pilih sama dengan akun mobile terminal untuk menghindari masalah display karakter tidak terlihat dikarenakan region yang salah.
Q2:Bagaimana cara mengatur resolusi Windows di dalam game?
A2: Ketika berada dalam interface game, klik [More], lalu klik [Settings], pilih [Game Settings], pilih tab kedua [Effect] di kolum bagian kanan, dan pilih resolusi lainnya pada Visual Settings.
Q3: Bagaimana cara mengatur kecepatan pointer mouse dan mouse wheel
A3:
(1) Untuk sementara, game tidak mendukung fitur pengaturan sensitivitas mouse dan mouse wheel. Contohnya, pada Windows 10, anda bisa memilih Devices di Windows Settings, pilih Mouse, dan mengatur sistem mouse.
(2) Beberapa brand mouse memiliki tombol pengaturan DPI yang terpisah atau software khusus untuk mengatur sensitivitas mouse dan mouse wheel.
Q4:Dimanakah gambar yang sudah disimpan diletakkan?
A4: Ketika anda menggunakan fitur picture saving di dalam game, setelah screenshot/foto dibuat, maka saluran sistem akan mensinkronkan storage gambar pada komputer anda, dan aka nada pop-up bubble prompt dalam game untuk memperlihatkan storage.
Q5:Kenapa monster yang saya lihat adalah model Polly atau model NWindows dan headgear dan fashion model milik saya ditampilkan dengan tidak tepat?
A5:Ketika mengunduh game untuk yang pertama kalinya, sebelum log in ke dalam game, pilih [to download the full resource pack] di jendela pop-up Download data.
Q6:Setelah menjalankan game, sebuah prompt akan muncul dengan tulisan “Microsoft visual C++ Runtime Library”.
A6: Setelah selesai menutup game RO:M versi Windows, tekan tombol kombinasi shortcut key Win+R, untuk membuka Windows run program, ketik dan masukkan cmd dan tekan tombol Enter, buka run command prompt, lalu ketik dan masukkan cd %windir%\system32 di jendela dan tekan tombol Enter, lanjutkan untuk ketik dan masukkan Regsvr32 Msxml3.dlldan tekan tombol ente,tutup command prompt dan buka Kembali RO:M versi Windows untuk mencoba kembali. Jika permasalahan masih belum kelar, mohon hubungi customer service untuk mendapatkan informasi dan solusi lebih lanjut.
Q7: Ketika launcher game mengunduh sumber daya game, progres pengunduhan/kecepatan pengunduhan adalah 0, atau terhambat di poin tertentu dan tidak dapat melanjutkan pengunduhan.
A7:
(1) Mohon periksa pengaturan jaringan, termasuk proxy, hosts files, dll.
(2)Anda bisa mencoba untuk menutup dan restart atau klik kanan untuk membuka game launcher sebagai Administrator.
Q8: Prompt selama pengunduhan: Program tidak dapat merespon.
A8: Mohon mencoba untuk merestrat komputer atau mengunduh launcher Kembali.
Q9: Bagaimana cara untuk memperbarui game setelahnya?
A9:
(1) Update normal akan mengunduh, update, dan replace resources secara normal setelah launcher dijalankan.
(2) Jika launcher membutuhkan update, kita akan memberitahukan terlebih dahulu melalui pengumuman pada website resmi game, dengan email in-game, dan komunitas game.
Q10:Prompt tombol pada bar equipment menutupi simbol ㉫ yang mengindikasikan apakah equipment terpakai atau tidak
A10:Anda bisa mengatur hidden key prompt dalam pengaturan game (jika anda familiar dengan tombol Windows)
Q11: Bagaiman cara untuk membeli props melalui klien Windows?
A11: Untuk sementara, kami tidak mendukung pembayaran dan pembelian item dengan menggunakan klien Windows secara langsung. Mohon menuju ke mobile terminal atau halaman top up resmi untuk melakukan transaksi pembelian produk.
Informasi kontak customer service RO:M
Interface Login – Ikon Polly di ujung kanan atas – Klik Pusat Customer Service
Comment